Rabu, September 25

YGO Grimoires – The Battle Field


Bertemu kembali dengan saya, kali ini kita akan membahas dasar-dasar YGO lagi. Yang mendapat kesempatan untuk dibahas kali ini adalah bagian Field YGO. Atau arena bermain YGO. Apa saja yang ada di sana? Lebih baik kita cek langsung.

Duel Field
Arena pertarungan YGO, dapat kita lihat dalam standard game mat. Di dalamnya ada beberapa bagian yang memiliki fungsi tersendiri. Berikut bagian dalam YGO field:


(NB: beberapa kata dalam tanda kutip (“ “) biasanya sering digunakan dalam cetakan kartu sebenarnya.)

 A. Monster cards Zone
Adalah tempat dimana kamu meletakkan Monster card yang kamu mainkan. Di sini kamu bisa memainkan sampai 5 monster tidak bisa lebih termasuk Token monster. Ada 3 macam posisi Monster cards, yaitu: “Face-up Attack position” (posisi siap menyerang, memakai nilai ATK), “Face-down Defense position” (posisi bertahan tertutup, memakai nilai DEF, penyerang harus membuka kartu terlebih dahulu untuk mengetahui nilai DEF), dan “Face-up Defense position” (kartu siap bertahan, memakai nilai DEF, apabila monster posisi Face-down Defense position diserang setelah terbuka dalam posisi ini).

B. Spell & Trap cards Zone
Adalah tempat meletakkan Spell/Trap cards yang akan kamu mainkan. Sama seperti Monster cards Zone, kamu bisa menggunakan sampai 5 kartu Spell/Trap. Untuk mengaktifkan Effect Spell/trap cards letakkan secara “Face-up” (terbuka), untuk memakai di giliran yang lain letakkan secara “Set”/”Face-down” (tertutup). Bila semua tempat terisi Spell/Trap cards yang “Face-down” maka kamu tidak dapat memainkan/mengaktifkan effect atau menambahkan Spell/Trap cards baru.

C. Graveyard
Adalah tempat Monster/Spell/Trap cards yang “Destroyed” (hancur) atau “send/sent to graveyard” (dikirim ke Graveyard) baik karena “Battle” (pertarungan antar monster cards) atau effect kartu tertentu atau karena “Tribute” (pengorbanan) untuk “Summon” (pemanggilan monster tertentu) atau aktivasi terhadap effect kartu tersebut yang tidak membuatnya dapat terus di arena (continous) akan masuk ke area ini. Lawan boleh mengecek isi “Graveyard” kapanpun, dengan syarat tidak mengubah urutan kartu yang ada di “Graveyard”. Pastikan lawan maupun kamu sendiri tidak mengubah urutan kartu di “Graveyard” karena mempengaruhi permainan.

D. Deck Zone
Adalah tempat kamu meletakkan “deck” (Main deck) kamu secara “Face-down” (tertutup). Saat kamu melakukan “Draw” (menambahkan kartu dari atas deck) ambillah kartu dari “Deck” ini ke “Hand” (kartu-kartu di tangan pemain). Maupun bila ada syarat melakukan “reveal” (menunjukkan kartu), maupun “add” kartu maka gunakan “deck” ini, kemudian setelah kamu mengubah susunan ataupun melihat isi deck kamu sendiri kamu harus “Shuffle” (mengkocok kartu di deck) deck kamu, lalu letakkan kembali secara “face-down” seperti semula.

E. Field Spell card Zone
Adalah tempat khusus bagi salah satu jenis Spell cards, yaitu “Field spell card”. Hanya 1 field spell card yang bisa diaktifkan. Pemain lawan dapat menambahkan field spell card di Field spell card zone nya, baik secara “face-down” (tidak mengganti Field card yang aktif) maupun secara “face-up” (mengganti field spell card lawan dengan field spell card yang baru, field spell card sebelumnya otomatis “destroyed”). Kartu ini tidak termasuk dalam batas 5 Spell & Trap card zones.

F. Extra Deck Zone
Adalah tempat meletakkan Monster cards yang perlu pemanggilan secara khusus. Kartu-kartu dalam “extra deck” diletakkan secara “face-down” dan hanya kamu sebagai “owner” (pemilik) yang dapat melihatnya kapanpun. Sebelumnya “extra deck” bernama “fusion deck” jadi semua effect yang menunjuk “fusion deck” sama saja mengarah ke “extra deck”. Kamu hanya bisa menambahkan sampai 15 lembar Monster cards ke “extra deck”, kamu diperbolehkan tidak menggunakan “extra deck” sama sekali. Monster cards yang ada dalam “extra deck”, yaitu:
  1. “Fusion monsters” : pemanggilannya dinamakan “fusion summon” umumnya menggabungkan 2 monster cards memakai kartu “polymerization” dan sejenisnya, kartu berwarna ungu.
  2. “Synchro monsters” : pemanggilannya dinamakan “synchro summon” umumnya mengorbankan monster card(s) jenis “tuner” dengan monster card(s) “non-tuner”, kartu berwarna putih.
  3. “Xyz monsters” : pemanggilannya dinamakan “xyz summon”, umumnya memakai gabungan beberapa monster cards ber-“level” (jumlah bintang di kartu) sama diletakkan di bawah monster yang di “summon” sebagai “material, kartu berwarna hitam memiliki “rank” sebagai pengganti level.
G. Banished cards Zone
Adalah tempat meletakkan kartu yang terkena effect “banish” atau sebelumnya disebut “remove from play” (keluar dari permainan), letaknya di luar field pada umumnya/di luar game mat secara “face-up”, kecuali ada effect yang memintanya diletakkan secara “face-down”. Kartu di arena ini dianggap tidak dapat dimainkan kecuali ada kartu yang dapat mengembalikannya ke arena permainan.

Ending
Bagaimana? Semakin penasaran dengan YGO. Kali ini kita sudah membahas arena pertarungannya, lain kali kita bahas yang lain lebih jauh lagi. Masih banyak bagian lain yang belum dibahas secara mendalam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Nuwun,nuwun, matur nuwun


Anone the dracogenius
Follow us: @Armcloud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar