Minggu, Oktober 20

Dragon's Clan (YGO): Angga's Dragunity Ruler (bunkasai winner deck)

Bertemu kembali dengan saya dalam Dragon’s Rosters, buat temen-temen duelist yang dateng ke Bunkasai Solo di Grha Wisata Niaga pasti tau deck apa yang menjuarai turney YGO nya. Apalagi kalau bukan Dragunity Ruler:

DRAGUNITY RULER


Lagi-lagi Dragon ruler membantu deck Dragunity memperoleh kekuatan terbesarnya. Beberapa waktu lalu deck ini menjuarai turney un-official di Solo. Dan kali ini saya report decklistnya supaya kita kurang lebih tahu bagaimana sang duelist memainkannya. Congratulationz buat Angga anggota SDC dan SPC yang kemarin menjadi juara turneynya, meskipun jarang muncul tetapi tetap punya kans yang besar untuk menang. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih lanjut.

Deck build
Ini salah satu deckbuild yang saya dapatkan untuk Angga’s Dragunity ruler:

Monster: 20
3 tempest, dragon ruler of storms
2 blaster, dragon ruler of infernos
1 red-eyes darkness metal dragon
1 blackwing zephyros the elite
1 dragunity aklys
1 eclipse wyvern
2 flamvell guard
3 dragunity arma mystelltain
2 dragunity phalanx
3 dragunity dux
1 dragunity legion

Spell: 13
2 sacred sword of seven stars
3 card of consonance
3 terraforming
3 dragon ravine
1 gold sarcophagus
1 dark hole

Trap: 7
1 return from different dimension
1 mirror force
2 fiendish chain
1 torrential tribute
1 bottomless trap hole
1 compulsory evacuation device

Extra deck:
1 red dragon archfiend
1 mecha phantom beast dragossac
1 scrap dragon
2 stardust dragon
2 dragunity vajrayana
1 dragunity gaedarg
1 trident dragion
1 maestroke the symphony djinn
1 hieratic seal dragon king of atum
1 hieratic seal dragon overlord of heliopolis
1 ally of justice catastor
1 black rose dragon
1 gaia dragon thunder charger

Side deck:
1 blaster dragon ruler of infernos
1 solemn warning
3 shadow imprisoning mirror
1 magical mallet
1 sacred sword of seven stars
1 morphing jar
2 deep dark trap hole
1 dragunity phalanx
1 dragunity legion
2 mystical space typhoon
1 compulsory escape device

(NB: pahami efek masing-masing kartu terlebih dahulu sebelum membaca bagian selanjutnya agar tidak bingung)

Play
a.overall
Mari kita bahas lebih lanjut tentang deck ini, menurut sang empunya dia fokus pada OTK dragunity. Wow! Dari build di atas sangat dimungkinkan OTK terjadi. Seperti play utama Dragunity start-up nya dimulai dari dragunity phalanx di grave dan mengawali play dengan dragunity dux. Lalu dengan beberapa search dan synchro menuju dragunity vajrayana untuk akses lv.8 monster target utama tentu adalah stardust dragon. Dengan adanya Dragon ruler OTK mudah dilakukan tempest untuk search dan special summon, dan blaster untuk dorongan super saat OTK. Dari build nya bisa kita lihat Dragunity adalah deck tipe balance, dengan memiliki cukup banyak backrow yang berbahaya untuk melindungi play OTK nya. Nice build.

b.searching setup
Untuk searching deck, jelas bahwa dragon ravine adalah harga mati. Tanpanya dragunity akan melambat. Dengan terraforming memungkinkan kita memainkan 2x efek dragon ravine. Salah satu kekuatan deck ini selain OTK adalah porsi besar untuk searching dan drawing menurut sang pemilik deck. Card of consonance dan sacred sword of seven stars adalah kartu staple untuk dragon ruler saat ini terlebih dragunity ruler. Adanya gold sarcophagus tentu kita tahu untuk menarik dragunity dragon-type dari deck melalui tempest. Tempest sendiri bisa di-discard dengan wind-attribute lain dimana semua dragunity monsters adalah wind-attribute monsters, untuk kemungkinan mencari dragon yang kita butuhkan bahkan red-eyes darkness metal jika diperlukan.

c. combo
Kita tidak akan terlalu banyak membahas tentang combo karena kalian sudah tahu tentunya. Langkah OTK dragunity, ravine discard zephyros, lalu add phalanx. SS zephyros, bounce ravine, play ravine, discard phalanx, add dux. NS dux, equip phalanx, SS phalanx. Send phalanx, SS mystelltain, equip phalanx, SS phalanx. Synchro zephyros+phalanx=vajrayana, equip phalanx, SS phalanx. Synchro dux+phalanx=vajrayana, equip phalanx, SS phalanx. Xyz 2x vajrayana=atum, SS red-eyes, SS vajrayana. Syncro vajrayana+phalanx=scrap dragon, tribute red-eyes, destroy whatever. SS gaia to atum, banish 2 dragon, SS blaster. Total =2600+2100+2800+2800=10300. selesai sudah. Dan OTK way nya ga cuman ini. Masih banyak variasinya tergantung imajinasi kamu. Dengan combo draw, ravine, discard random, add phalanx. Card of consonance, discard phalanx, draw 2 cards. Ini juga udah jago juga buat nipisin deck dan membuat combo OTK makin cepat.

d. other analysis
Untuk bagian ini kita melihat side deck, kita melihat dalam side deck utamanya membawa tambahan kartu di main deck, utamanya menambah draw-power. Dan backrow removal yaitu mystical space typhoon. Siding shadow imprisoning mirror kemungkinan untuk jaga-jaga lawan evilswarm yang mampu menghambat SS deck ini. Selain itu morphing jar, untuk mengganggu hand lawan. Yang menarik adalah pemakaian compulsory escape device sebagai solusi di limitnya compulsory evacuation device. Ini membantu membuat deck ini mengatasi lawan yang tak terduga.

Weakness
Semua deck pasti punya kelemahan, kalau saya kunci awalnya adalah stop eksploitasi dux. Artinya begitu dux muncul bunuh atau negate effectnya. Ini membuat player memakai mystelltain untuk meng-cover playnya. Dan artinya giliran itu tak kan ada OTK. Selain itu memakai skill drain adalah langkah nyata menghambat swarming monster dragunity. Evilswarm ophion juga musuh alami yang perlu diwaspadai para dragunity ruler duelist.

Closing
Terlepas dari semua itu kemampuan duelist adalah hal utama. Siapapun dia, berpeluang untuk memenangkan turney dimanapun. Teruslah mencoba, percaya kalau kamu bisa, maka mungkin turney berikutnya kamu adalah juaranya. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membuat deck. Selamat mencoba. 

Nuwun,nuwun, matur nuwun


Anone the dracogenius
Follow twitter: @armcloud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar