Jumat, September 20

Announcing! YGO Grimoires – About The Game Start


YGO Grimoires – About The Game Start

Bertemu kembali dengan saya dalam rubrik baru di SPC blog, yaitu Grimoires. Artikel ini akan membahas berbagai macam hal tentang TCG yang menjadi judulnya. Semua ini ditujukan kepada semua pembaca, yang baru ingin bermain dan sudah bermain agar lebih mudah mengetahui bagaimana cara bermain TCG tersebut. Untuk Grimoires pertama saya memilih Yu Gi Oh TCG sebagai awal. Berharap ada cukup waktu untuk membahas semua TCG yang ada. Untuk bagian awal kita akan membahas tentang awal bermainnya. Artikel yang saya buat berusaha berdasarkan pada Official rulebook yang ada yang terbaru.


Oke langung saja.

About Yugioh TCG
Yugioh TCG (YGO) adalah TCG yang berdasarkan manga dan anime judul yang sama (Yugioh .red), memakai hampir semua kartu yang ada dalam anime dan manga nya dan memiliki cara bermain (gameplay) dengan dasar aturan yang sama.

Tujuan YGO utamanya mengadu kartu yang kamu miliki dengan lawannya teman kamu sampai Life points (LP), penggambaran nyawa pemain, salah satu dari kalian habis atau menjadi 0 dengan berbagai cara.

Yang bisa kamu lakukan dalam YGO, antara lain : menyusun Deck (bisa membeli deck yang sudah siap main, ex :Starter deck dan Structure deck), memainkan kombinasi kartu kamu dalam suatu Game (satu kali permainan) ataupun Match (best of 3/yang paling cepat menang 2 kali Game), lalu meningkatkan kemampuan deck kamu dengan cara membeli kartu (membeli Booster pack, Duelist pack, Collectible/Special editions pack, maupun pack-pack yang lain) atau menukar kartu dengan teman kamu (trading). Sehingga kamu memiliki deck yang lebih kuat dan memenangkan pertandingan dengan teman-teman yang lain.

Start-Up The Duel
Untuk memulai YGO ada beberapa hal yang harus kamu miliki sebelum memulai.

A. Deck
Deck adalah kumpulan kartu yang akan kamu gunakan dalam bermain YGO. Deck sendiri terdiri atas 3 bagian.

A1. Main Deck
Main deck berisi kartu yang akan kamu gunakan dalam permainan. Macam kartu yang digunakan adalah Monster cards, Spell cards, dan Trap cards. Ada aturan tersendiri dalam menyusun main deck (deck utama). Antara lain:
  • Deck terdiri atas minimal 40 lembar kartu, sampai maksimal 60 lembar kartu.
  • Tiap nama masing-masing kartu kamu boleh membawa sampai 3 lembar dalam deck (main deck, extra deck, side deck).
  • Ada beberapa nama kartu yang hanya boleh dibawa beberapa lembar dalam deck atau terbatas, dan ada yang sama sekali tidak dapat dipakai sama sekali dalam aturan pertandingan tertentu. Ditentukan dalam Banlist dari Konami dalam waktu tertentu
A2. Extra Deck
Extra deck berisi Monster cards, yang tidak dapat digunakan secara biasa. Monster card yang ada dalam Extra deck, yaitu : Fusion monsters, Synchro monsters dan Xyz monsters. Extra deck dapat diisi sampai dengan 15 lembar kartu tidak boleh lebih. Diperbolehkan tidak membawa Extra deck sama sekali. Aturan Banlist pun berlaku di sini.

A3. Side deck
Side deck berisi kartu yang dapat digunakan dalam Main deck dan Extra deck. Digunakan pada jeda Game pada suatu Match, pemain diperbolehkan mengganti kartunya dengan kartu dalam Side deck nya untuk mengatasi strategi lawan. Jumlahnya maksimal 15 lembar kartu. Diperbolehkan tidak membawa Side deck sama sekali. Aturan Banlist pun berlaku di sini.

B. Game Mat
Game mat adalah arena bermain YGO. Setiap pembelian Starter/Structure deck akan mendapatkan game mat ini. Digunakan karena YGO memiliki aturan tersendiri dalam arena permainannya. Semua kartu yang ada dalam game mat adalah kartu yang kamu kontrol (card(s) you control). Kamu boleh tidak menggunakan game mat jikalau kamu sudah hafal arena permainan YGO.

C. Others
Barang lain yang mungkin kamu butuhkan, antara lain:
  • Coin (koin receh dua sisi, untuk perintah “flip/toss a coin”)
  • Dice (dadu 6 sisi, untuk perintah “roll six-sided die”)
  • Counter (untuk menghitung jumlah dari perintah “put a counter(s)”)
  • Monster token (untuk membuat monster bayangan dari efek kartu)
  • Calculator (untuk menghitung Life points (LP))
  • Card sleeves (untuk melindungi kartu koleksi kamu agar tidak kotor/tergores)

Ending
Bagaimana? Siap dan tertarik bermain Yugioh TCG? Tadi garis besar awal dari YGO. Masih banyak bagian lain yang belum dibahas secara mendalam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Nuwun,nuwun, matur nuwun


Anone the dracogenius
Follow us: @Armcloud

Tidak ada komentar:

Posting Komentar