Rabu, September 18

Future Foundations: Start to Play Trading Card Game


Bertemu kembali dengan saya dalam Future foundations, kali ini kita akan membahas tentang selain deckbuild. Kini saya akan banyak membahas tentang permainan Trading Card Game (TCG) itu sendiri. Darimana harus memulai, macam-macam TCG yang saya tahu. Dan lain sebagainya sehingga berguna untuk para pemain baru yang masih bingung mengapa memilih TCG sebagai hobinya. Kelebihan dan kekurangan dari TCG itu sendiri sebagai hobi akan saya bahas juga di sini.


Apa itu TCG?
TCG/Trading Card Game adalah permainan yang memakai kartu sebagai media permainannya, dimana dalam mendapatkannya kelengkapannya dilakukan dengan pembelian maupun tukar menukar. Itu adalah definisi menurut saya. Sebenarnya TCG merupakan bagian dari Card game/permainan kartu. Bedanya dengan card game lainnya adalah unsur mengumpulkan sebagai koleksi sehingga TCG digolongkan sebagai bagian CCG/Collectible Card Game.

Tidak perlu panjang lebar membahas, intinya TCG adalah permainan kartu untuk mengadu kemampuan tiap orang dalam bermain, tapi tetap didasari sportivitas permainan dan kesenangan (just for fun).

Macam-macam TCG
TCG ada banyak sekali, sebagian condong ke CCG, dan sebagian total TCG. Maksudya? Tidak perlu dibahas, karena bakal menimbulkan banyak argumen. Sejauh ini menurut saya TCG terbagi dalam 2 kelompok, Fast-play dan Slow-play.

Fast-play TCG, cenderung lebih cepat dalam setup awal permainan. Dan dalam permainannya dalam 1 giliran dimungkinkan untuk membalik keadaan dengan cepat. Umumnya menggunakan jumlah kartu yang sedikit. Contoh: Yugioh TCG, Duelmasters/Kaijudo TCG.

Slow-play TCG, cenderung lebih lambat dalam setup awal permainan. Untuk melakukan sesuatu memerlukan mengumpulkan sumber daya tertentu, harus melewati langkah-langkah tertentu. Sebagian memakai jumlah kartu yang lebih banyak dalam deck. Contoh: Magic The Gathering TCG, World of Warcraft TCG, Cardfight-Vanguard, Pokemon TCG.

Tapi semua tergantung dengan cara memahami kartu dan deck yang digunakan. Kadang untuk mengikuti aturan yang benar perlu membutuhkan waktu yang lama dan melelahkan. Deck? Apa itu deck? Deck adalah sekumpulan kartu yang dipakai dalam permainan kartu. Dalam TCG deck memegang peranan penting karena menang kalah ditentukan saat kamu menyusun deck. Jumlah deck berbeda tiap TCG dan aturan dalam menyusunnya pun berbeda.

Memilih TCG
Dalam langkah awal memilih TCG sebagai hobi, alangkah lebih baiknya kamu memilih untuk fokus dalam 1 jenis TCG. Bukan melarang, tapi hanya saran karena memainkan banyak TCG hanya akan menghabiskan banyak uang. Kecuali kamu memang kolektor yang punya banyak uang dan rela kehabisan uang atau kamu mau memulai menjadi penjual TCG. Just kidding. Atau bila hanya untuk kesenangan kamu bisa memilih membeli/membuat kartu non-ori/fake/KW. Tapi untuk kebaikan lebih baik bila kamu beli barang ori. Untuk lebih merasakan sensasi hobinya.

Langkah berikutnya, tentukan kamu senang tempo permainan yang cepat atau lambat. Lalu orientasi kamu memilih TCG yang memiliki nilai finansial atau hanya ingin mengoleksi saja. Kemudian pahami cara bermain dan aturan permainannya. Bila tidak juga paham lebih baik coba TCG lain yang sejenis.

TCG as hobby
Sebagai hobi TCG sama seperti hobi yang lainnya. Butuh ketekunan dan ketelatenan dalam melakukannya di waktu luang. Ingat waktu luang, jangan habiskan semua waktumu untuk hobi. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Berikut kelebihan dan kekurangan TCG sebagai hobi.

Pros
  1. mengasah kemampuan berpikir
  2. menambah perhatian terhadap sesuatu karena harus merawat koleksi
  3. menambah interaksi dengan sesama
  4. menghilangkan stress
  5. memiliki nilai ekonomis

Cons
  1. menghabiskan uang
  2. menghabiskan waktu luang cukup banyak
  3. membutuhkan lawan main
  4. memicu peningkatan adrenalin dan emosi
  5. banyak pandangan negatif terhadap permainan kartu

kurang lebih itu kekurangan dan kelebihannya.

Ending
Jadi bagaimana sudah memutuskan akan memilih TCG sebagai hobi kamu? Sudah yakin dengan TCG yang kamu mainkan saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Pikirkanlah semuanya dengan matang. Nikmatilah hidup ini dengan hidup yang sehat dan bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Nuwun,nuwun, matur nuwun


Anone the dracogenius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar