Selasa, Agustus 20

Future Foundations: Anone’s Mind el Banlist September 2013


Future Foundations: Anone’s Mind el Banlist September 2013 

Bertemu kembali dengan saya dalam Future foundations, kali ini kita akan membahas tentang selain deckbuild. Mengapa tidak posting deck seperti biasa? Karena ada topik yang lebih menarik untuk dibicarakan, dan masih berhubungan dengan masa depan duelist. Apakah itu?

BANLIST SEPTEMBER 2013

Memangnya ada yang salah? Sama sekali tidak ada yang salah. Tetapi semakin jelas bahwa di dunia ini Konami memang membuat 2 kubu yang tidak bisa disatukan. Tetapi semuanya menghasilkan uang.


Yup di bulan September ini Banlist Konami ada 2, yaitu Banlist TCG dan Banlist OCG. Masing-masing memiliki list yang berbeda. Ini cukup berpengaruh untuk duelist SPC karena selama ini memakai Banlist OCG dan TCG dalam satu turnamen.

Konami jelas menginginkan adanya perbedaan antara OCG dan TCG. Di TCG format dibuat lebih slow karena para pemain TCG di daerah barat sana lebih senang bermain dengan backrow dan hand trap. Sedangkan para pemain OCG di daerah timur lebih senang bermain combo dan swarming. Daripada terlalu lama mendengar saya mengoceh lebih baik kita simak perubahan di banlist OCG dan banlist TCG. Cekidot!

Banlist OCG
forbidden:
BURNER, DRAGON RULER OF SPARKS
ELEMENTAL HERO STRATOS
LIGHTNING, DRAGON RULER OF DRAFTS
REACTAN, DRAGON RULER OF PEBBLES
STREAM, DRAGON RULER OF DROPLETS 
SPELLBOOK OF JUDGMENT

limited:
BROTHERHOOD OF THE FIRE FIST - ROOSTER
GENEX ALLY BIRDMAN
NUMBER 11 BIG EYE
WIND-UP SHARK
MERMAIL ABYSSTEUS
TRISHULA DRAGON OF ICE BARRIER
SUPER REJUVENATION
DIVINE WIND OF MIST VALLEY
ABYSS-SPHERE

semi-limited:
CHAOS SORCERER
GLADIATOR BEAST BESTIARI
NEO SPACIAN GRAND MOLE
FIRE FORMATION - TENKI
GORZ EMISSARY OF DARKNESS
BLACK WHIRLWIND

unlimited:
WIND-UP MAGICIAN
ADVANCED RITUAL ART
TSUKUYOMI
REASONING
E - EMERGENCY CALL
MIRROR FORCE
POT OF DUALITY
SCAPEGOAT

Dari banlist OCG di atas, menurut saya mereka ingin mengembalikan kejayaan deck Chaos dimana di edisi Jump ada support untuk deck Chaos. Tampaknya deck Mermail juga dilemahkan, seperti halnya nasib yang menimpa Prophecy dan Dragon ruler. Deck Blackwing mendapat tambahan kekuatan meskipun tidak di unli-kan BWW-nya karena mereka memiliki Blackwing yang belum rilis di TCG. Deck Valley-Harpie OTK juga dibungkam karena mereka memiliki Harpie dancer yang sexy, sedangkan TCG belum. Tapi deck Prophecy dan Dragon ruler tidak terlalu terpengaruh sebab mereka masih punya searcher yang kuat. Dan dapat bermain lebih cepat karena staple nya masih aman. Pemain OCG kebanyakan latah gaya permainan karena rata-rata memainkan deck meta, sebab membangun meta OCG harganya tidak segila meta TCG. Sekarang lebih baik saya yang membungkam mulut saya dalam membahas OCG dan membahas TCG.

Banlist TCG
forbidden:
BURNER, DRAGON RULER OF SPARKS
ELEMENTAL HERO STRATOS
LIGHTNING, DRAGON RULER OF DRAFTS
REACTAN, DRAGON RULER OF PEBBLES
STREAM, DRAGON RULER OF DROPLETS
NUMBER 16: SHOCK MASTER
CARD DESTRUCTION
GATEWAY OF THE SIX
HEAVY STORM
MONSTER REBORN
POT OF AVARICE
SPELLBOOK OF JUDGMENT
SUPER REJUVENATION
SOLEMN JUDGMENT
ULTIMATE OFFERING

limited:
ATLANTEAN DRAGOONS
BROTHERHOOD OF THE FIRE FIST - SPIRIT
DEEP SEA DIVA
GENEX ALLY BIRDMAN
RESCUE RABBIT
THUNDER KING RAI-OH
EVIGISHKI MIND AUGUS
DEWLOREN, TIGER KING OF THE ICE BARRIER
CONSTELLAR PTOLEMY M7
DIMENSIONAL FISSURE
GOLD SARCOPHAGUS
ROYAL TRIBUTE
BOTTOMLESS TRAP HOLE
COMPULSORY EVACUATION DEVICE
ERADICATOR EPIDEMIC VIRUS
MACRO COSMOS
SOUL DRAIN
TORRENTIAL TRIBUTE

semi-limited:
MEZUKI
PLAGUESPREADER ZOMBIE
TG STRIKER
FIRE FORMATION - TENKI
DIMENSIONAL PRISON

unlimited:
DESTINY HERO - MALICIOUS
THE AGENT OF MYSTERY -EARTH
TSUKUYOMI
A HERO LIVES
BLACK WHIRLWIND
E - EMERGENCY CALL
HIERATIC SEAL OF CONVOCATION
POT OF DUALITY
SCAPEGOAT

Yeah, banlist TCG di pagi hari saya mendapat link dari teman dan membukanya. Satu hal yang pertama saya lakukan adalah persiapan untuk menjual. Banyak staple yang masuk penjara Mistake. :D maka saya harus menjualnya demi keuntungan.

Dari banlist di atas, Dragon ruler mendapat pukulan paling keras mereka disunat hingga cukup berat untuk berdiri sendiri, tidak seperti Prophecy yang hanya terkena Judgement nya. Dragon ruler kehilangan drawer dan bayi mereka, dan searcher nya juga dibatasi. Mungkin karena Prophecy lebih menjual daripada Dragon ruler bagi Konami. Kalau membaca artikel di Florsheim tentang kedua deck ini pasti tau maksud saya. Constellar dan Evilswarm juga diserang banlist, Tenki-Constellar dan Staple-backrow-Eviswarm terkena sunat. Mermail tidak di apa-apakan, tetapi Atlantean searcher yang diserang. Karena Dragoon berdosa dalam mengangkat Moulinglacia atau Abyssmegalo ke tangan dibandingkan Abyssteus yang menggendong cewek-cewek Mermail.

Mengapa di TCG banyak staple yang masuk banlist? Tidak perlu ditanyakan karena kesalahan Konami TCG sendiri jangan salahkan yang lain karena mereka sendiri yang hobi melakukan reprint ke rarity yang lebih murah atau membuat rarity yang lebih tinggi untuk kartu common sekedar untuk melayani para collector. Hal ini hanya membuat harga kartu reprint semakin jatuh. Dan banyak duelist yang membawa kartu-kartu kuat dengan rarity terendah. Apalagi staple kuat didapat dengan mudah dari Battle Pack. Ini mungkin berkaitan dengan pemasaran Battle Pack sehingga duelist didorong untuk memainkan Sealed Draft Format.

Cukup banyak yang saya bicarakan padahal ini reaksi spontan setelah melihat adanya banlist yang berbeda. Beruntung SPC telah menemukan solusinya yaitu bermain Sealed-Draft turney ala Battle Pack. Yah, memang semua berubah setelah Banlist September menyerang. Kita harus memilih untuk bermain TCG atau OCG, karena kalau keduanya tentu akan menghabiskan uang. Kalau saya tidak terpengaruh karena pemain kartu fake. Semoga dapat menjadi pembelajaran kita bersama kejamnya liberalisme ekonomi. :D

Nuwun,nuwun, matur nuwun


Anone the dracogenius

1 komentar:

  1. Ore wa daijoubu... sy jadi punya 2 deck dngn format berbeda dan potensi maksimal... T.-.T

    BalasHapus