Kamis, Agustus 29

Announcing! Dragon's Clan: Dragon Ruler TCG

Bertemu kembali dengan saya dalam Dragon’s Rosters, kini dunia YGO terbagi menjadi 2 belahan, yaitu TCG dan OCG dengan hadirnya 2 banlist yang berbeda. Beberapa dari kalian mungkin mengeluhkan jumlah posting Future foundations menurun, dan update YGO story nya juga stack. Bukan kenapa-kenapa sebenarnya YGO story sudah banyak ide tapi belum sempet bikin aja, kalo Future Foundations beberapa waktu lalu saya masih memikirkan deck apa yang bakal kompetitif. Padahal saya juga menambahkan beberapa admin dan penulis lain mungkin mereka juga bingung seperti saya. :D Dengan hadirnya banlist baru ini, saya mempunyai ide untuk memperbarui deck favorit saya yang terkena dampak cukup besar, dengan kini memfokuskan pada pembahasan tentang Dragon maka saya membuat sub-article Dragon’s Rosters yang akan terus menerus membahas Dragon. Deck yang kita bahas kali ini adalah Dragon Ruler:

DRAGON RULER


Sebelumnya archetype ini sudah pernah dibahas, tapi karena banlist deck ini kehilangan cukup banyak kekuatan. Dibandingkan rivalnya Prophecy yang hanya kehilangan Spellbook of judgement, sebaliknya Dragon ruler kehilangan banyak kekuatan yaitu bayi-bayi mereka, Super rejuvenation yang masuk limited OCG dan forbidden di TCG, Gold sarcophagus limited di TCG, dan Number 11: Big eye limited di OCG. Cukup menyakitkan, apalagi untuk bangkit kembali mengendalikan 4 elemen cukup berat. Menyerah? Jangan sekali-kali menyerah karena Dragon ruler adalah deck adaptive, dengan bantuan elemen yang lain deck ini masih kuat. Disini saya menambahkan Dark dalam Dragon ruler deck, dengan hand-trap yang kuat saya membuatnya menjadi lebih anti-meta, dengan memakai banlist TCG September 2013. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih lanjut.

Deck build
Ini salah satu deckbuild yang saya sarankan untuk Dragon ruler:

Monster: 31
3 redox dragon ruler of crags
3 tempest dragon ruler of cyclones
3 blaster dragon ruler of infernos
3 tidal dragon ruler of waterfalls
2 fog king
1 gorz emissary of darkness
1 dragunity corsesca
2 chaos hunter
1 eclipse wyvern
1 red-eyes darkness metal dragon
3 effect veiler
2 maxx “c”
1 flamvell guard
2 debris dragon
2 light and darkness dragon
2 tragoedia

Spell: 7
3 sacred sword of seven stars
1 gold sarcophagus
1 one for one
1 allure of darkness
1 book of moon

Trap: 1
1 return from different dimension

Extra deck:
2 number 11: big eye
2 mecha phantom beast dragossack
1 scrap dragon
2 star eater
1 number 74: master of blades
1 red dragon archfiend
1 black rose dragon
1 mermail abyssgaios
1 armory arm
1 crimson blader
1 angel of zera
1 jewel flare dragon stardust

(NB: pahami efek masing-masing kartu terlebih dahulu sebelum membaca bagian selanjutnya agar tidak bingung.)

Play
a.overall
Mari kita bahas lebih lanjut tentang deck ini. Seperti yang sudah kita semua ketahui kelebihan deck ini adalah 7-axiz/rank 7 Xyz summon, dengan terbunuhnya bayi mereka yang notabene penguat xyz summon maka deck ini beralih mencari jalan keluar lain. Untuk saya memilih membuat deck ini mampu merambah synchro summon juga, tanpa melupakan xyz summon.

Dari list di atas jelas saya lebih senang untuk synchro lv.11 dan 8 targetnya adalah Star eater dan Crimson blader karena mampu melakukan lock, tapi tidak lupa xyz summon juga sangat mudah dilakukan meskipun tidak seganas saat memiliki bayi mereka, xyz rank 7 tentu number 11: big eye dan mecha phantom beast dragossack, karena memang itu yang paling cocok untuk deck ini.

Dibantu dengan hand-trap yang cukup mengganggu play lawan sangat menguntungkan saat bermain memakai deck ini, karena Gorz emissary of darkness mampu menghambat OTK, Chaos hunter berguna untuk mirror match, fog king mampu megunci tribute, mereka dapat dipakai untuk xyz rank 7, dan Effect veiler mampu menegate efek monster dan berguna untuk synchro summon.

b.searching setup
Untuk searching deck, Dragon ruler memiliki banyak pilihan kartu. Untuk drawer saya memilih Sacred sword of seven stars karena kita memakai cukup banyak lv.7 dan memakai Allure of darkness karena memiliki lebih dari 1 kartu Dark, menariknya bila kita mainkan Allure dan tidak mendapat Dark semua hand dikirim ke graveyard tidak masalah karena Dragon ruler mampu bangkit kembali dari kuburan (note: hanya pemain yang suka mengambil resiko :D). Sebenarnya di OCG deck ini lebih kuat mungkin kapan-kapan kita bahas, karena di TCG Gold sarcophagus hanya boleh 1 saja maka kita pakai. Selain itu boss monster favorit saya bisa di search dengan Eclipse wyvern.

c.offense combo OTK
Untuk serangan OTK, sudah dibahas di pembahasan yang lalu saat masih bernama Elemental dragon. Tapi saya sertakan OTK yang paling mudah.
Langkahnya sebagai berikut:
  1. Syaratnya banish sebanyak mungkin monster ATK lebih dari 2000.
  2. Kalau field lawan kosong, aktifkan Return from different dimension. Dan selesai sudah.
Tidak tertutup kemungkinan terjadi OTK dengan cara lain, yang dibahas dalam artikel ini, YA, Cuma ini.

d. offense combo non-OTK
Untuk non-OTK, kini summon Big eye dan Dragossack bisa dilakukan dengan SS 1 Dragon ruler dan normal summon Fog king. Atau bisa dengan SS Gorz dan Chaos hunter di turn lawan. Selain itu kita bisa synchro summon Star eater dengan Debris dragon dengan target Fog king di graveyard atau tuning biasa dengan Dragon ruler. Kemudian bisa synchro lv.8 dengan tuner lv.1 kita. Move favorit saya adalah xyz summon Dragossack buat 2 token, lalu summon Debris, target Fog king, lalu synchro Black rose dragon bersihkan semua pengganggu dan serang. Tapi move ini menghabiskan banyak sumber daya. :D. Salah satu alternatif adalah dengan control field dengan Light and darkness dragon, dan bila dia mati SS Red-eyes darkness metal dragon untuk serangan ekstra lagi dengan SS 1 dragon lainnya. Cihuy!

e. defense
Untuk pertahanan, menurut saya Book of moon dan Gorz emissary of darkness adalah pertahanan paling nyata. Karena sulit diprediksi saat lawan menyerang. Selain itu main deck Chaos hunter sangat menguntungkan saat mirror match maupun melawan deck berbasis banish. Tapi tembok utama deck ini adalah Mecha phantom beast dragossack dan Number 74 master of blades yang cukup kuat bila ditinggal sendirian di field.

Weakness
Semua deck pasti punya kelemahan, deck ini tidak sekuat sebelum banlist. Kelemahannya ada pada pemilihan keputusan yang tepat, bila kita salah mengambil keputusan kita harus berharap lawan tidak OTK di giliran berikutnya. Tapi meskipun OTK kita masih bisa berharap dengan bantuan Gorz dan Chaos hunter. Selain itu seperti kebanyakan deck minim trap, deck ini cukup berat dalam melawan deck heavy backrow dan tenang saja dengan siding anti-backrow maka game 2-3 anda bisa menang.

Closing
Beberapa waktu ke depan upgrade deck-deck berbasis Dragon akan saya bahas, untuk pembahasan Dragon’s roosters akan sama seperti Future foundations. Yaitu memakai kartu-katu OCG yang tidak terpengaruh dengan banlist September’13, paling tidak yang pasti rilis di TCG sebelum Desember’13. Artikel ini sepenuhnya saya buat karena saya senang memakai deck Dragon tidak kurang dan tidak lebih. Semoga bisa menjadi bahan untuk membuat deck. Selamat mencoba. 

Nuwun,nuwun, matur nuwun


Anone the dracogenius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar