Selasa, September 3

Dragon's Clan: Chaos Dragon OCG

Bertemu kembali dengan saya dalam Dragon’s Rosters, kini saya akan membahas deck OCG. Salah satu deck dragon yang menarik dimainkan di OCG, deck yang berdasarkan attribute Light and Darkness. Deck yang kita bahas kali ini adalah Chaos Dragon:

CHAOS DRAGON


Sebelumnya archetype ini sudah pernah dibahas, saya tertarik untuk membuat karena setelah bayi dragon ruler kena banlist. Chaos dragon OCG ternyata juga punya bayi dragon yang lain. Ya! Wyburstar dan Collapserpent versi young-nya Lightpulsar dan Darkflare. Selain yang ditambahkan barusan, banlist OCG memberi tambahan 2 Gorz dan 2 Chaos sorcerer. Membuka opsi drawing untuk Allure of darkness, selain itu ya build standard Chaos dragon. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih lanjut.

Deck build
Ini salah satu deckbuild yang saya sarankan untuk Dragon ruler:

Monster: 33
3 lightpulsar dragon
2 eclipse wyvern
3 darkflare dragon
2 wybustar the ivory dragon
2 collapserpent the ebony dragon
2 tour guide from underworld
2 gorz emissary of darkness
2 tragoedia
2 card trooper
2 chaos sorcerer
1 black luster soldier-envoy of the beginning
1 dark armed dragon
1 red-eyes darkness metal dragon
2 lyla the lightsworn sorcerer
2 ryko the lightsworn hunter
1 photon trasher
1 lightray diabolos
1 plaguespreader zombie
1 blackwing zephyros the elite

Spell: 7
3 solar recharge
1 charge of light brigade
1 allure of darkness
1 dark hole
1 gold sarcophagus

Trap: 0

Extra deck:
1 wind-up zenmaines
1 lavalval chain
1 queen dragun djinn
1 constellar ptolemys m7
1 trishula the dragon of ice barrier
1 starliege paladynamo

(NB: pahami efek masing-masing kartu terlebih dahulu sebelum membaca bagian selanjutnya agar tidak bingung.)

Play
a.overall
Mari kita bahas lebih lanjut tentang deck ini, secara global deck chaos dragon ini bertumpu pada milling (membuang kartu dari deck) untuk mendapat banyak graveyard advantage (manfaat). Engine utamanya adalah lightsworn yang mampu menghabiskan semua isi deck ke graveyard. Untuk itu saya memilih memakai banyak monster di deck agar banyak memperoleh advantage. Dan untuk mengontrol graveyard dipakai monster chaos yang mampu mem-banish light dan darkness attribute monster dari graveyard. Secara garis besar deck ini sama cara bermainnya dengan deck lightsworn.

b.searching setup
Untuk searching deck, saya memilih memakai charge of light brigade untuk mencari lightsworn dan milling deck. Untuk mendapat banyak keuntungan kita bisa memakai move aktifkan charge of light brigade, milling 3 kartu, add lightsworn lv.4 atau kurang, aktifkan solar recharge, discard lightsworn tadi, draw 2 dan milling 2 kartu, summon card trooper dan milling 3 kartu. Hasilnya kita memiliki 6 kartu di hand dan 11 kartu di graveyard, tentu ini yang kita harapkan dalam bermain chaos dragon. Untuk searching boss monster memakai eclipse wyvern dan gold sarcophagus karena kita bisa memakai keduanya artinya kita bisa mengecoh lawan. Untuk draw kartu memakai solar recharge karena searchable dengan adanya lightsworn dan allure of darkness karena kita punya cukup banyak darkness monster.

c.offense combo OTK
Untuk serangan OTK, dengan hasil searching seperti di atas bayangkan kita bisa membuat banyak OTK. Saya akan memberi satu contoh.
Langkahnya sebagai berikut:
  1. Di field tadi sudah ada card trooper dengan ATK 1900. Di graveyard ada 11 kartu 3 diantaranya spell, dan 1 lightsworn.
  2. Kartu di tangan adalah darkflare dragon, di graveyard pasti ada 1 darkness monster. Maka SS darkflare, aktifkan effectnya discard eclipse wyvern sebagai cost, kirim lightpulsar dragon ke graveyard dan banish red-eyes darkness metal dragon via eclipse wyvern. Lalu terserah banish apa saja
  3. Banish eclipse wyvern untuk SS collapserpent the ebony dragon, lalu add ke hand red-eyes darkness metal dragon. SS red-eyes dengan mem-banish collapserpent.
  4. Kemudian SS lightpulsar dragon dari graveyard. Serangan langsung. Selesai.

Tidak tertutup kemungkinan terjadi OTK dengan cara lain, yang dibahas dalam artikel ini, YA, Cuma ini.

d. offense combo non-OTK
Untuk non-OTK, tentu tumpuan kita pada red-eyes darkness metal dragon dan lightpulsar loop yang ga ada matinya. Ditambah serangan tiba-tiba dari black luster soldier-envoy of beginning dan dark armed dragon tentu mengejutkan lawan. Dengan adanya wyburstar dan collapserpent kita bisa akses rank 4 xyz monster dan akses untuk menjadi trishula the dragon of ice barrier. Rata-rata deck ini memakai kartu yang mampu mengubah keadaan dalam 1 turn.

e. defense
Untuk pertahanan, hand trap gorz emissary of darkness salah satu yang terbaik, selain itu xyz summon wind-up zenmaines via tour guide from underworld sangat membantu dalam bertahan. Juga face-down ryko the lightsworn hunter juga membuat lawan berhati-hati dalam menyerang.

Weakness
Semua deck pasti punya kelemahan, deck ini akan kehabisan bahan jika di arena ada macro cosmos, dimensional fissure, dan imperial iron wall. Untuk mengatasinya di main deck kita punya ryko dan lyla untuk membereskan kartu semacam itu. Untuk siding memasukkan 3 lembar mystical space typhoon bukan langkah yang salah. Siding yang tepat mampu membuat anda membalikkan keadaan pada game ke-2 dan 3 meskipun lawan deck antinya sekalipun.

Closing
Deck dragon selalu mendapat support yang menarik. Lebih menarik bila kita mengkombinasikan semuanya. Mungkin artikel-artikel selanjutnya akan saya gabungkan deck-deck dragon yang ada. Untuk format saya cenderung memilih TCG banlist karena lebih memberikan kesempatan untuk memvariasikan deck dengan minimnya staple. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membuat deck. Selamat mencoba. 

Nuwun,nuwun, matur nuwun


Anone the dracogenius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar